Amankah Beli Obat Di Apotek Online ?

Lama Membaca : Sekitar 2 Menit

Pada era serba online seperti sekarang ini tidak dapat dipungkiri hampir semua orang terutama yang hidup diperkotaan pernah membeli barang atau jasa melalui media online. Era belanja online dimulai semenjak belanja melalui website seperti kaskus dan terus berkembang melalui media sosial seperti facebook. Sekarang bahkan situs belanja online menjadi lebih canggih lagi dengan kehadiran marketplace seperti bukalapak atau tokopedia. Semua barang atau jasa bisa diperdagangkan secara online bahkan sampai obat-obatan.

Obat-obatan termasuk barang beresiko, yaitu apabila dikonsumsi berlebihan atau tidak sesuai aturan pakai bisa membahayakan kesehatan bahkan bisa membahayakan nyawa seseorang. Seorang penderita penyakit yang membeli obat melalui apotek biasa lewat toko offline tentu tidak boleh sembarangan membeli obat. Membeli obat melalui toko fisik secara offline harus melewati pengawasan apoteker atau asisten apoteker yang bekerja pada toko tersebut. Toko fisik ini bisa berupa apotek atau toko obat biasa. Sekarang bagaimana dengan membeli obat melalui apotek online atau toko obat online ? Apakah bisa dikatakan aman ?. Apa saja yang harus diperhatikan untuk membeli obat secara online ?

Konsultasi Dengan Tenaga Kefarmasian

Untuk membeli obat kita perlu terlebih dahulu berkonsultasi dengan tenaga kefarmasian, ini berlaku juga untuk kasus membeli obat secara online. Toko obat online yang aman seharusnya menyediakan konsultasi online dengan asisten apoteker. Apotek online yang aman seharusnya menyediakan konsultasi online dengan apoteker. Salah satu contoh apotek online yang menyediakan konsultasi online dengan apoteker adalah apotek24jam.id. Apabila kita menemukan toko obat atau apotek yang beroperasi secara online tapi tidak menyediakan layanan konsultasi online dengan tenaga kefarmasian maka sebaiknya urungkan niat untuk membeli obat disitu.

Tanyakan Tanggal Kadaluarsa

Selalu teliti untuk menanyakan tanggal kadaluarsa obat yang ingin kita beli, bahkan kalau perlu minta foto kemasan obatnya. Pada kemasan obat tersebut pasti terdapat informasi tanggal kadaluarsa. Obat yang sudah kadaluarsa bisa membahayakan kesehatan, tidak mempunyai efek pengobatan atau berkurang efek pengobatannya dan bahkan bisa membahayakan nyawa orang yang mengkonsumsi obat tersebut. Pastikan kita membeli obat yang tidak dekat juga dengan tanggal kadaluarsanya, paling bagus itu tidak kurang dari sebulan sebelum kadaluarsa. Hal ini penting sebab banyak obat-obatan yang perlu dikonsumsi dalam waktu yang cukup lama.

Pastikan Obat Asli

Banyak kejadian obat yang dijual secara online adalah obat palsu. Obat palsu tidak mempunyai efek pengobatan atau sangat kurang efek pengobatannya. Obat palsu bahkan bisa membahayakan nyawa pemakainya. Sebelum membeli obat melalui apotek atau toko obat online pastikan harga jual obatnya tidak terlalu rendah. Obat yang dijual sangat murah dibanding dengan harga pasaran punya potensi obat palsu. Pastikan juga apotek atau toko online tempat kita membeli obat mempunyai reputasi yang bagus sehingga terjamin dari penjualan obat palsu. Apotek atau toko online pada tokopedia contohnya menyediakan rating toko, rating toko yang tinggi lebih terjamin dari resiko penjualan obat palsu.

Pilih Kurir Yang Terpercaya

Pilihan kurir sangat menentukan dalam membeli obat secara online. Obat sebaiknya tidak disimpan dalam waktu yang lama dalam perjalanan. Kebanyakan obat-obatan juga harus dilindungi dari sengatan langsung sinar matahari dan panas yang berlebihan. Barang-barang yang dibawa melalui jasa kurir biasanya dibawa dalam perjalanan yang cukup lama, pastikan kurir yang dipakai bisa mengirimkan obat tidak lebih dari satu minggu. Lingkungan panas dalam truk yang biasa dipakai oleh kurir untuk membawa barang dari kota ke kota juga bisa membuat obat menjadi rusak. Pastikan bahan pembungkus paket yang berisi obat-obatan ini memakai bahan yang melindungi dari panas yang berlebihan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Author: Maman Soleman

Blogger & Content Writer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *