Ragam Gizi untuk Kecantikan Kita dan Contoh Menu untuk Kecantikan

Mengonsumsi makanan dan minuman secara teratur dan seimbang adalah rahasia kecantikan Dian Sastrowardoyo. Ibu dua anak ini dalam menjaga kecantikannya tidak harus di-make-up dari luar, tapi juga harus disokong dari dalam dengan makanan yang bergizi dan minum air putih. “Aku percaya kecantikan itu juga disokong dari dalam. Tapi juga gak bisa gak menggunakan produk kecantikan apapun, cuma mengandalkan kesehatan,” terang Dian. Sayur dan buah-buahan harus ada di setiap menu makanan setiap hari. Air putih, minimal 2 liter. Makanan gizi seimbang. Itulah ragam gizi untuk kecantikan kulit menurut Dian.
Di sisi lain, Farah Quinn mengaku tetap makan lima kali sehari (3 kali makan besar dan 2 kali snack). Namun, ia sangat memperhatikan nilai dan kandungan gizi dalam makanan. Farah sangat menghindari karbohidrat simpleks yang mengandung banyak gula. “Di rumah saya menyediakan dan makan beras merah, gandum dan oatmeal.”
Kecantikan adalah hal alamiah yang tentu sangat didambakan kaum wanita. Beberapa zat gizi berperan pada kecantikan seorang wanita. Berikut ragam gizi untuk kecantikan wanita, antara lain:
Vitamin A (Beta Karotin)
Vitamin A penting sekali untuk kesehatan mata dan rambut, pencegahan dan pengobatan infeksi kulit, menghindari munculnya ketombe, jerawat, dan membuat rambut terlihat lebih bercahaya. (Sumber: minyak ikan, tomat, telur, sayur-sayuran berwarna hijau, pepaya, dan wortel).
 
Vitamin B Kompleks
Vitamin B berperan untuk memelihara kecantikan kulit supaya tetap kelihatan bersih dan bersinar, menghindari munculnya uban di rambut. Vitamin B (terutama Vit B12) ini utama bagi kesehatan mata, rambut dan kulit. (Sumber: sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, daging, serta ragi /fermentasi).
Vitamin C
Vitamin C terkait dengan protein. Vitamin ini amat penting untuk pembuatan kollagen. Sementara itu kollagen ini berperan sebagai zat perekat kulit supaya selalu nampak kencang. Vitamin C pun bermanfaat untuk menghindari kulit menjadi kering, memelihara kulit tak mudah keriput, mempertahankan kekuatan rambut supaya tak gampang patah. (Sumber: stroberi, kiwi, anggur, jeruk, lemon, tomat, paprika hijau, kubis, brokoli, dan sayuran berwarna hijau).
Vitamin D
Vitamin D mempunyai fungsi yang sama utamanya dengan kalium dan fosfor untuk kesehatan kuku, tulang, dan gigi. Sumber alami yang kaya akan Vitamin D diantaranya miyak ikan, ikan tuna, ikan salmon, hati sapi, susu dan sinar matahari.
Vitamin E
Vitamin E mendukung untuk jaringan tubuh dan kesehatan otot. Vitamin E ini bisa digunakan untuk menekan penuaan dini. (Sumber alami yang kaya akan Vitamin E ialah kacang-kacangan beserta olahan produknya).
Itulah ragam gizi untuk kecantikan, namun bagaimana agar kulit dan wajah kelihatan lebih cantik?
Hindari paparan sinar matahari
Sinar ultraviolet merupakan penyebab utama penuaan yang menimbulkan keriput dan tanda penuaan datang lebih dini dan kerusakan serat elastin dan kolagen. Di Indonesia, paparan sinar matahari optimal pukul 6-7 pagi, selama 15 menit.
Hindari radikal bebas
Salah satu yang harus dihindari demi kulit yang sehat adalah paparan radikal bebas, mulai dari asap rokok, asap kendaraan bermotor, plastik, embun malam, sampai polusi udara yang mengakibatkan kulit kekurangan oksigen.
Diet sehat 
Buah dan sayuran segar sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit karena mengandung antioksidan yaitu: vitamin A, C, dan E yang membantu menetralkan zat radikal bebas yang menyebabkan kerusakan kulit.
Air putih
Minumlah (air putih) minimal dua liter per hari agar dapat membantu membuang zat toksin keluar dari tubuh sehingga kulit tampak bercahaya. Kurangi kafein pada kopi dan tanin pada teh karena mengandung diuretik alami yang dapat membuat tubuh sering kencing atau buang air kecil, sehingga tubuh akan mengalami dehidrasi.
Cukup tidur
Pembaruan sel-sel kulit terjadi pada malam hari. Ketika Anda tidur, darah mengalirkan oksigen dan zat gizi ke kulit lebih efisien karena pada saat itu otot-otot dan sistem pencernaan sedang dalam keadaan istirahat. Jika Anda tergolong salah satu orang yang menderita susah tidur, cobalah makan pisang dan olahan susu lainnya di malam hari guna menunjang tidur lebih nyenyak.
Riset dari University of Wisconsin yang telah dipublikasikan pada Journal of Neuro-science tahun 2007 memperlihatkan kalau gen yang mengendalikan aliran kalium (potasium) ke dalam sel dibutuhkan untuk menjaga tidur normal.
 
Olahraga teratur 
Olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh. Selain itu, olahraga juga dapat membantu meningkatkan produksi serat kolagen, yaitu protein yang diperlukan kulit agar kesehatannpa tetap terjaga. Olah raga yang optimal, minimal 30 menit / hari, karena tubuh akan memecah lemak.

Contoh Menu Untuk Kecantikan

Salad Buah Segar
(untuk 1 porsi)
Bahan:
  • 75 gram semangka merah
  • 75gram semangka kuning
  • 50 gram melon hijau
  • 50 gram melon kuning
  • 10 gram mayonaise
  • 20 ml susu skim cair
Cara Membuat:
  • Semua buah dipotong bentuk dadu.
  • Campur semua buah dalam mangkuk.
  • Campur mayonaise dengan susu, siramkan di atas campuran buah.
  • Dinginkan dalam kulkas selama 30 menit, sajikan.
1 porsi salad buah mengandung:
Kalori : 135,2 kkal
Protein : 2,2 g
Lemak : 6,2 g
Karbohidrat : 19,5 g
Buah semangka dan melon mengandung serat yang cukup tinggi. Kandungan serat keduanya sangat baik untuk memperlambat pengosongan lambung sehingga tidak mudah lapar. Salad buah seperti ini dapat digunakan untuk pengganti camilan yang biasanya tinggi kalori, sangat baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu buah-buahan ini mengandung mineral kalium dan air yang melimpah, berguna untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, serta vitamin C dan beta karoten sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Author: Maman Soleman

Blogger & Content Writer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *