Revolusi Manajemen SDM Berbasis Teknologi

Manajemen pengelolaan sumber daya manusia (SDM) jangan dianggap sederhana. Sebab, berbagai perkembangan teknologi berkait SDM juga mengalami kemajuan pesat. Menurut pengamat masalah SDM Titus Permadi, perkembangan tersebut antara lain berkait dengan kemajuan teknologi, HRIS berbasis web, teknologi interview web com dan perangkat lunak.

Pengetahuan Pekerja

Ada tiga hal yang menandai dampak kemajuan teknologi informasi, internet, dan perangkat bergerak. Pertama adalah melubernya informasi dan pengetahuan. Kedua, semakin banyak komunitas digital tumbuh melalui media sosial di internet. Ketiga, cara penggalian informasi melalui perangkat bergerak semakin mudah, cepat, dan lengkap.

Berbagai kemajuan memberikan ekskalasi pengetahuan bagi para pekerja. Mereka semakin mudah dalam mengakuisisi informasi guna menunjang pekerjaannya untuk melakukan analisis masalah, pemecahan masalah, pengambilan keputusan dan mengembangkan diri.

HRIS Berbasis Web

Fenomena lain yang berkait ketenagakerjaan adalah munculnya berbagai penyelenggaraan job fair yang diserbu pencari kerja. Bisa dibayangkan, betapa banyak aplikasi lamaran kerja yang harus diseleksi manajer HRD demi mendapatkan kandidat terbaik bagi perusahaannya.

Belum lagi setelah calon kandidat disortir satu demi satu, masih ada calon yang harus dijadwalkan untuk wawancara dan berbagai tes lainnya. Betapa banyak staff yang harus dikeluarkan dan waktu yang disediakan untuk menjaring seorang kandidat terbaik bagi perusahaan.

Beruntunglah saat ini telah tersedia banyak teknologi HRIS berbasis web yang akan memudahkan manajer SDM dalam melakukan  rekrutmen secara online, menyortir kandidat yang dibantu sistem dan mengurangi tumpukan lamaran  kerja yang harus disimak satu per satu.

Web Cam untuk Interview

Web cam interview menjadi solusi praktis yang tersedia bagi manajer SDM untuk melakukan seleksi kandidat secara mudah, cepat, praktis, dan hemat. Melalui solusi ini, manager SDM dapat menyusun daftar pertanyaan wawancara yang akan dilihat pencari kerja. Kemudian pencari kerja akan menyalakan fitur ini dan kamera dalam laptopnya akan merekam jawaban wawancaranya. Setelah selesai, maka hasil rekaman ini tersimpan dalam sistem dan sebuah email pemberitahuan akan menginformasikan kepada manajer SDM bahwa kandidat sudah selesai melakukan wawancara melalui web cam. Manajer SDM dapat melihat tayang ulang video ini dan selanjutnya memutuskan apakah akan menerima pelamar ini atau tidak.

Solusi ini memberikan beberapa manfaat kepada manager SDM berupa kecepatan untuk memperoleh kandidat yang diinginkan karena pelamar tidak perlu antre menunggu giliran wawancara. Masing-masing dapat melakukannya di rumah dengan laptop.

Proses wawancara dapat terlaksana dalam 24 jam dan dapat dilakukan dari lokasi mana pun sehingga manajer SDM tidak perlu menyiapkan tempat untuk wawancara. Ini bisa menghemat biaya rekrutmen yang harus dikeluarkan perusahaan dan meningkatkan keberhasilan rekrutmen untuk menemukan kandidat yang tepat.

Open Source HRIS

Manajemen SDM akan berhasil bila memadukan HRM (human resource management) dan HRIS (human, resource information system). HRM berhubungan dengan penyusunan kebijakan, sistem manajemen, prosedur, dan praktik pengelolaan SDM yang baik. Sementara HRIS berhubungan dengan alat, teknologi, sistem informasi, basis data dan informasi terkait aktivitas di bidang SDM, baik pada tataran operasional, manajerial maupun strategik.

Open Source HRIS merupakan peranti lunak sistem informasi SDM yang didistribusikan dan dipromosikan dalam bentuk terbuka dengan berlisensi GNU/GPL. Lisensi ini membolehkan pengguna untuk mengunduh dan menggunakan secara bebas tanpa dipungut biaya lisensi. Meski didistribusikan secara gratis, peranti lunak ini berfungsi 100 persen, meski dengan kelengkapan fitur yang terbatas. Biasanya HRIS akan memiliki fungsionalitas dan modul pengelolaan basis data karyawan, absensi, pengelolaan cuti, pelatihan, rekrutmen, dan evaluasi kinerja.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Author: Maman Soleman

Blogger & Content Writer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *