Tips dan Cara Memilih Polis

Tips dan Cara Memilih Pollis

Apa itu polis asuransi? Polis asuransi adalah bukti perjanjian secara tertulis antara pihak nasabah dengan pihak perusahaan. Isi perjanjian tersebut tentunya beragam tergantung dari kesepakatan kedua belah pihak.  Dengan adanya polis tersebut, keduanya saling terikat dalam satu kontrak yang sama dan harus memiliki hak dan kewajibannya masing-masing. Lantas, bagaimana cara memilih polis yang benar?

  1. Pilih Untuk Satu Keluarga

Ada beberapa pilihan dalam polis asuransi, salah satunya adalah menggunakan satu polis untuk anggota keluarga lainnya. Cara ini tentunya akan menghemat pengeluaran bulanan karena kamu hanya perlu membayar satu polis saja.

  1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan 

Seperti yang telah diketahui bahwasanya ada berbagai layanan asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi jiwa terpercaya. Namun penawaran tersebut tentunya harus berbanding dengan penawaran polis yang banyak pula.

Salah satu cara untuk menghemat pengeluaran adalah jangan pernah membeli asuransi perlindungan yang sekiranya tidak kamu butuhkan pada saat itu. Kondisi ini tentunya akan menghabiskan uang dengan cepat. Sebaiknya kamu pahami terlebih dahulu jenis-jenis asuransi yang benar-benar kamu butuhkan dan pertimbangan untuk masa depan nanti.

Misalkan kamu sudah memiliki asuransi kesehatan, namun tergiur akan jenis asuransi unit link dan ingin menggunakannya. Kamu tidak bisa melakukan double claim pada kedua asuransi tersebut, dengan demikian penggunaan unit link tentunya akan sia-sia.

  1. Pilih Yang Menerima Double Claim 

Jika kamu ingin menggunakan 2 layanan asuransi kesehatan sekaligus, usahakan perusahaan tersebut menyediakan layanan asuransi kesehatan yang bisa menerima double claim. Artinya adalah asuransi pribadi dapat diklaim meskipun hanya menggunakan bukti fotokopi kwitansi yang telah dikeluarkan oleh rumah sakit. Dengan demikian, kamu akan menerima manfaat yang baik untuk penggunaan asuransi tersebut.

  1. Pelajari Syarat Dalam Polis

Sebelum kamu menandatangani polis, sebaiknya pahami terlebih dahulu syarat-syarat yang telah ditentukan. Tanyakan jika dirasa kurang jelas dan usahakan kamu dapat mencerna informasi tersebut sampai tuntas. Beberapa hal yang wajib kamu pahami dari awal diantaranya adalah sistem perhitungan premi dan jumlah premi yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Kemudian ada jenis pertanggungan yang dapat diklaim, contohnya disini adalah pemilihan rumah sakit atau klinik, persyaratan rawat inap hingga beberapa layanan rumah sakit yang dapat diklaim dengan menggunakan asuransi kesehatan generali tersebut. Dengan memahami persyaratan dengan tuntas, maka kamu dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Author: Maman Soleman

Blogger & Content Writer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *