Tips Menjaga Ruang Privasi dengan Partisi, Kenali Manfaat Partisi, Gaya dan Bahannya

Ada satu bagian penting yang bisa digunakan di dalam rumah yang memberikan berbagai keuntungan. Ia bisa secara fungsional membagi ruangan, secara estetis menjadi pemanis interior, dan memberikan keuntungan lain yaitu menjaga ruang privasi. Itulah partisi-partisi indah.

Konsep modern minimalis telah menjadi gaya desain interior yang digemari. Salah satu ciri dari gaya ini adalah bagian dalam rumah yang membentuk ruangan besar dari sejak pintu masuk sampai ke dalam.

Pada ruangan besar itu ada ruang tamu, ruang keluarga, dan terkadang sampai ke ruang makan. Hal itu memang menguntungkan dari segi pemanfaatan ruang dan kesan yang ditimbulkan, yaitu rumah seakan bertambah luas.

Namun, saat ruang-ruang itu bertemu tanpa pembatas, hasilnya pun tidak indah. Oleh karena itulah, interior rumah perlu ditambahkan satu bagian yang penting, yaitu partisi atau panel pemisah ruang.

Manfaat Partisi

Sejak abad ke-7, interior rumah sebenarnya sudah diperkaya dengan keberadaan partisi atau pembatas ruangan berbentuk panel layar. Panel itu ditemukan di Tiongkok dan biasa dipakai keluarga kerajaan. Bobotnya sangat berat sehingga tidak mudah dipindahkan.

Namun sekarang, berbagai panel sudah tercipta dengan gaya desain modern yang sama-sama berfungsi membagi dan membatasi ruangan besar untuk menjaga ruang privasi. Penggunaan partisi ini pun memberikan banyak keuntungan.

Seperti dihimpun dari berbagai sumber, keuntungan pertama menggunakan partisi secara desain adalah efisiensi penggunaan ruang. Partisi memang seakan mengambil fungsi dinding namun tidak seutuhnya. Ia pun berbentuk lebih tipis dan umumnya fleksibel untuk dipindah.

Keuntungan kedua adalah partisi juga sekaligus sebagai tempat penyimpanan. Partisi memang terkadang ada yang bentuknya seperti rak dengan kolom-kolom. Pada kolom inilah biasanya diletakkan bingkai foto, vas, buku, atau barang lain yang ingin disimpan dengan lebih teratur.

Keuntungan ketiga adalah bisa menciptakan privasi. Ruangan besar yang menyatukan berbagai fungsi ruang itu memang kecenderungannya sangat terbuka. Akibatnya, pemilik rumah kekurangan privasi.

Masih ada keuntungan lain dari partisi seperti menambahkan warna pada ruangan, mengarahkan alur jalan di dalam rumah, dan memberikan aksen pada ruangan. Partisi juga dapat menciptakan kenyamanan atau menambah latar dekoratif.

Gaya dan Bahan

Selain keuntungan yang sifatnya fungsional, keberadaan partisi dalam menjaga ruang privasi pun mampu menambahkan karakter pada keseluruhan gaya interior rumah. Partisi bisa menjadi penunjang atau malah focus point dari karakter gaya yang diinginkan.

Partisi itu memunculkan berbagai gaya. Ada berbagai partisi yang mewakili gaya minimalis, klasik, dan retro. Gaya minimalis terlihat dari desainnya yang sederhana membentuk garis lurus. Bahannya pun umumnya hanya dari satu jenis bahan seperti  menggunakan plywood yang dilapis dengan HPL (high pressure laminate) atau dilapis veneer.

Yang paling banyak diminati memang partisi bergaya modern minimalis, mungkin karena desain interior rumah zaman sekarang kebanyakan bergaya seperti itu. Partisi bergaya minimalis itu juga yang umumnya bisa difungsikan sebagai rak penyimpanan dengan kolom yang teratur ataupun kolom agak zigzag.

Partisi gaya klasik terlihat dari tampilannya yang bercorak atau dekoratif. Struktur partisi bergaya klasik itu biasanya berukuran besar dengan warna andalan putih atau hitam, atau perpaduan keduanya.

Materi utama partisi bergaya klasik tetaplah kayu. Namun, umumnya kayu itu dimodifikasi atau ditambahkan lagi dengan bahan lain, misalnya, kaca dan stainless steel. Gaya klasik terlihat dari bentuknya seperti bingkai besar. Di tengahnya bisa berbentuk rak penyimpanan ataupun panel besar yang bisa menjadi tempat menggantungkan bingkai foto.

Gaya retro umumnya memiliki banyak lekuk dengan memadukan berbagai bahan seperti partisi berwarna biru laut yang mudah dipindahkan dengan menggunakan rangka utama dari besi. Bagian tengahnya diisi dengan busa empuk yang dilapisi kain berbahan suede. Begitu pun partisi besar berwarna cokelat yang bisa menjadi latar suatu ruangan yang akan dibagi.

Apa pun gaya partisinya, ada dua jenis yaitu yang mudah dipindahkan dengan tinggi berkisar antara 1-2 meter. Partisi yang lebih pendek supaya ruangan tetap terlihat terbuka dan tampak lebih luas.

Ada pula partisi yang menjulang ke atas sampai menyentuh plafon atas ruangan sehingga tidak mudah dipindahkan. Partisi itu biasanya berfungsi sebagai rak penyimpanan ataupun latar ruangan sehingga memberikan akses keindahan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Author: Maman Soleman

Blogger & Content Writer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *