Toshiba Canvio Slim II 1TB Bawa Desain Elegan

Selain besar kapasitas penyimpanan, satu poin yang menjadi alasan pemilihan HDD eksternal adalah desain bodinya. Semakin ringkas, maka semakin mudah Anda membawanya di saku atau di dalam tas. Salah satu HDD eksternal yang menawarkannya adalah Toshiba Canvio Slim II.

Desain Bodi

Dilihat sekilas Anda pasti setuju bahwa tampilannya terlihat elegan. Selain desain yang simpel, material aluminium menambah kesan tersebut. Di sisi samping bodinya terdapat aksen plastik berwarna hitam.

Di bagian depan terdapat port USB 3.0. Yang menarik adalah indikator LED yang menandakan aktivitas transfer data sedang berlangsung. Indikator akan menampilkan warna merah ketika drive terhubung ke port USB 2.0, dan berwarna biru jika terhubung ke port USB 3.0. Indikator ini dapat menjadi pengingat cepat jika Anda tak yakin jika menghubungkan dengan port USB versi berapa. Dimensinya adalah 10,6 x 7,6 x 1,2 cm. Walau bukan HDD eksternal tertipis, namun Toshiba Canvio Slim II masih termasuk tipis di dalam genggaman dan tentunya terlihat mahal.

Aplikasi Pendamping

Secara default, Toshiba Canvio Slim II sudah dapat dipakai secara langsung dengan format partisi NTFS. Untuk PC Windows, hal ini tak masalah karena dapat digunakan secara langsung. Sedangkan untuk Mac, Anda perlu menginstal aplikasi Tuxera NTFS for Mac yang sudah terdapat di dalam drive. Selain itu tentunya Anda dapat menggunakan drive untuk melakukan backup Mac menggunakan Time Machine.

Terdapat 3 aplikasi pendamping yang disertakan dalam drive dan Anda dapat menginstal ketiganya secara manual. Yang pertama adalah NTI Backup Now EZ yang berguna untuk melakukan fungsi backup. Anda dapat mengatur untuk melakukan backup otomatis atau melakukan proses scan secara manual. Tampilan menunya mudah dipahami karena user friendly.

Selanjutnya adalah Pogoplug PC, yang fungsinya dapat membuat PC menjadi sebuah personal cloud server (asalkan PC terkoneksi ke internet). Dengannya Anda dapat melakukan mengakses file yang tersimpan di hardisk PC atau Canvio itu sendiri secara remote melalui aplikasi mobile atau browser. Sebagai tambahan Anda juga mendapat kuota 10 GB penyimpanan cloud secara gratis untuk menyimpan file jika membuat akun baru.

Aplikasi terakhir adalah HDD Password Tool yang memungkinkan Anda untuk memberikan proteksi data yang ada di dalam drive menggunakan password. Namun yang perlu diperhatikan adalah sifat aplikasi ini adalah system resident, bukannya drive resident. Maksudnya adalah jika Anda memberikan password pada drive Canvio, maka Anda harus menginstal HDD Password Tool di PC atau laptop lain jika berkeinginan membukanya.

Performa

Ketika menggunakan port USB 3.0, drive ini menawarkan kecepatan transfer Write dan Read sebesar 118 MBps yang termasuk tinggi untuk HDD eksternal di kelasnya. Sedangkan pada port USB 2.0, kecepatan transfer Write adalah 27 MBps dan 33 MBps untuk Read. Kecepatan tersebut merupakan rata-rata karena keterbatasan dari port USB 2.0.

Secara keseluruhan, Toshiba Canvio Slim II menawarkan desain ringkas serta elegan, aplikasi pendamping lengkap, berikut kecepatan transfer yang tinggi. Selain itu indikator LED pintar juga dapat menginformasikan Anda tentang kepastian tipe port USB yang digunakan. HDD eksternal bikinan Toshiba ini dapat Anda miliki dengan menebusnya sekitar Rp 1 jutaan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Author: Maman Soleman

Blogger & Content Writer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *